Cari Blog Ini

Senin, 06 September 2010

Korsel Sepakat Pulihkan Ekonomi Dunia

GUANG ZHU - Delegasi Korea Selatan yang mewakili negara tersebut dalam pertemuan Keuangan Negara-negara G20 menyatakan setuju dengan pemulihan ekonomi dunia walaupun ekspansi perdagangan akan berjalan lambat.

Mengutip dari Reuters, Minggu (5/9/2010), Deputi Bank Sentral Korea Selatan Kim Jae Chun, yang mewakili pertemuan tersebut mengatakan ada kesepakatan bahwa pemulihan (global) akan terus meskipun dapat memperlambat kecepatan yang dipikirkan dua sampai tiga bulan lalu.

Anggota G20 telah berjanji untuk mencapai kesepakatan mengenai isu ini dengan pertemuan puncak para pemimpin di Seoul pada November.

Namun Eropa telah enggan menerima usulan karena akan mengurangi hak suara mereka, "Semua orang bekerja sangat keras di dalamnya," kata Jean-Pierre Landau, Wakil Gubernur Bank of Prancis.

Seorang diplomat Uni Eropa mengatakan bahwa menteri keuangan Uni Eropa akan mengadakan pembicaraan substantif pada dorongan AS untuk meminimalisir perwakilan Eropa di IMF pada pertemuan informal pada akhir bulan ini.

Para pejabat dari Kelompok 20 negara berkembang maju dan besar dan dari organisasi internasional akan bertemu lagi pada hari Minggu pekan ini untuk membahas masalah-masalah termasuk reformasi dalam kerangka regulasi keuangan global.

Isu yang berkembang dari salah satu negara anggota G20 mengungkapkan bahwa ada skenario lain mengenai negara-negara yang menyetuji hal tersebut. Ada diskusi mengenai isu yang membenarkan perwakilan tersebut menyatakan dukungan pada dewan eksekutif IMF.

Deputi Direktur IMF John Lipsky, saat dikonfirmasi menolak berkomentar ketika ditanya bagaimana seputar masalah tersebut. okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar